header-int

Ini Dia, Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematikanya ! Pilihanmu, yang Mana ?

Minggu, 25 Agu 2024, 15:17:35 WIB - 93 View
Share
Ini Dia, Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematikanya ! Pilihanmu, yang Mana ?

Apakah kamu salah satu yang tidak menyukai pelajaran Matematika ? Jika benar, sini-sini kita kumpul bareng. Sejatinya, pelajaran ini memang cocok tidak cocok dengan seseorang ya. Tapi, dasar atas ilmunya memang wajib dimiliki oleh setiap manusia untuk kepentingan sehari-hari. Mulai dari TK - SD - SMP - SMA sampai dengan Kuliah, sudah pasti Matematika akan selalu hadir. 

 

Akan tetapi, dalam dunia perkuliahan, ada lho beberapa jurusan yang bisa kamu pilih tanpa perlu keterampilan tersebut. Kira-kira, ada apa saja ya ? Yuk, langsung cek beberapa di antaranya pada bacaan berikut.

15 Jurusan Tanpa Mata Kuliah Matematika

Umum sudah, jurusan tanpa adanya mata kuliah Matematika telah berada di rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora. Berikut ada beberapa pilihan atas jurusan yang dapat kamu pertimbangkan. 7 Diantaranya, akan coba dibahas dalam artikel ini : 

#1. SASTRA dan BAHASA

Jurusan mata kuliah ini, akan mempelajari : puisi, prosa, serta drama. Tak ketinggalan, sudah pasti tata bahasa, kosa kata, maupun struktur bahasa juga ada di dalamnya. Jadi, bisa dipastikan, bahwa kamu tidak akan menjumpai mata kuliah Matematika. Karena, pokok pembelajarannya meruncu ke sastra, bahasa, hingga budaya. 

 

Selama mengambil jurusan ini, kamu akan sering memperoleh tugas yang memang berhubungan dengan analisis, penafsiran, sampai evaluasi karya. Bahkan, tak jarang juga akan diberikan tugas untuk mempublikasikan karya milik sendiri. Pilihannya juga tak hanya di Sastra Indonesia saja, tapi ada Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Perancis, Sastra Rusia, Sastra Mandarin, dan lain sebagainya.

#2. DKV - Desain Komunikasi Visual

Mata kuliah ini akan mempelajari tentang pengembangan keterampilan visual dan komunikasi. Tentu saja demi bisa menciptakan pesan yang efektif nan menarik. Adapun beberapa materi yang diajarkan, seperti : desain grafis, fotografi, komunikasi pemasaran, animasi dan multimedia. Jurusan ini, kamu tidak akan menemukan mata kuliah Matematika. Karena, pada dasarnya akan berfokuskan ke kreativitas dan keahlian visual. Sehingga, akan seringkali diminta untuk dapat mengerjakan proyek desain yang bisa menuntut pemikiran kreatif nan inovatif.

#3. PJKR - Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Jika passion kamu di dunia olahraga, maka bisa banget mempertimbangkan mata kuliah ini. Fokus dari jurusan PJKR ini ada pada pengajaran olahraga dan kesehatan. Di dalam jurusan tersebut, akan mulai belajar terkait teori olahraga, strategi pengajaran, metode olahraga, sampai pada kesehatan fisik dan mental. Walau begitu, masih memiliki konsep dasar atas pengukuran dan perhitungan di dalam konteks olahraga juga kebugaran.

#4. SENI RUPA

Yuk, coba pertimbangkan jurusan Seni Rupa ! Mata kuliahnya akan mempelajari tentang pengembangan keterampilan, kreativitas, teknik, dan media di dalam membuat banyak karya seni visual. Sebut saja : lukisan, patung, instalasi, dan lain sebagainya. Hingga menyusun adanya karya seni yang mana baik dan menarik, untuk bisa dipresentasikan pada publik. Pada awal perkuliahan, kamu akan mempelajari banyak teknik dan praktik dasar dari seni rupa. Lalu di tahapan selanjutnya, akan langsung berhubungan dengan pengembangan gagasan sampai pada penciptaan karya seni.

#5. SENI MUSIK

Tujuan mata kuliah ini untuk bisa melatih adanya keterampilan musikal & artistik, sampai mengembangkan kreativitas dan kepekaan di dalam seni musik. Adapun pelajaran yang akan diterima, seperti : teori musik, pelajaran vokal dan instrumental, komposisi musik, pengaturan musik dan rekaman, teknik permainan alat musik dan lain sebagainya. Tentu saja sebagai mahasiswa jurusan ini, kamu akan jauh lebih menghabiskan banyak waktu untuk berlatih dalam memainkan alat musik. Hingga menciptakan musik dengan memiliki tujuan di dalam mengeksplorasi kemampuan kreatifmu. Sampai di akhir tahun perkuliahan, kamu akan mendapat ujian lewat tugas akhir berbentuk pertunjukan karya musik / recital.

Itulah 5 jurusan kuliah yang tidak ada mata kuliah Matematika-nya. Katanya ada 7 di artikel ini ? Yap, dua di antaranya adalah Ilmu Hukum dan Ilmu Komunikasi. Untuk melengkapinya, kamu bisa melihat pada artikel selanjutnya.

Unidha Sejak berdiri pada tahun 2019, Akademi Komunitas Assunniyyah (AKAS) Kencong Jember berusaha menjadi salah satu kampus terbaik yang bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitarnya.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube