header-int

Ingin Mendapatkan Prospek Kerja yang Bagus ? Yuk, Coba Masuk Jurusan Ini !

Jumat, 19 Jul 2024, 06:30:37 WIB - 224 View
Share
Ingin Mendapatkan Prospek Kerja yang Bagus ? Yuk, Coba Masuk Jurusan Ini !

Memilih sebuah jurusan yang tepat, memang menjadi salah satu langkah paling krusial di dalam membangun karir yang sukses kedepannya. Semakin banyak jurusan yang tersedia, penting sudah untuk mempertimbangkan adanya jurusan. Terutama pada pasar kerja yang telah berkembang sampai detik ini. Jika kamu masih bingung, maka berikut ini ada beberapa jurusan S1 yang memiliki prospek kerja bagus kedepannya. Kira-kira, ada apa saja sih ? Yuk, langsung cek lebih lengkapnya sekarang juga.

Jurusan IT - Information Technology

Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, semakin kesini semakin menonjol dan telah menjadi salah satu pilihan studi paling bagus dengan proses karir menjanjikan. Permintaan tinggi pada ahli IT dan pengembang perangkat lunak, sudah merefleksi dari pertumbuhan pesat dunia teknologi. Terutama sekali di bidang kecerdasan buatan seperti AI dan Big Data. Lantas, bagaimana dengan kebutuhan pasar kerja kedepannya ? 

Jawab : TI da pengembangan perangkat lunak tak hanya berkembang, tapi juga beradaptasi secara dinamis bersamaan dengan tren teknologi terkini. Baik data baru maupun lama, perkiraan di bidang ini akan terus berkembang pesat. Terutama di dalam kebutuhan keamanan siber, pengembangan cloud computing, serta aplikasi mobile. Keterampilan di dalam pengembangan AI maupun Analisis Big Data, ini sudah menjadi aset paling berharga di pasar kerja secara global. Nah, untuk rata-rata gaji dari seorang IT di beberapa negara maju bisa mencapai $100.000 / tahun.

Jurusan Kesehatan

Setelah masa pandemi Covid-19, rupanya terjadi peningkatan yang terbilang signifikan di dalam permintaan akan ahli Kesehatan Masyarakat. Dari sinilah, jurusan kuliah di bidang kesehatan sudah semakin populer. Profesional di bidang ini, sudah memainkan peran kunci dalam mempromosikan kesehatan preventif. Mengelola krisis kesehatan dan juga mengembangkan kebijakan untuk bisa meningkatkan kesehatan populasi. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat betapa pentingnya kesehatan preventif, maka jurusan ini sudah semakin relevan juga. Bagaimana peluang kerja kedepannya ? 

Jawab : lulusan Kesehatan Masyarakat, karirnya terbilang luas di ranah pemerintah maupun swasta. Mereka bisa bekerja sebagai epidemiolog, ahli biostatik, spesialis kebijakan kesehatan ataupun dalam perencanaan & manajemen kesehatan. Untuk hadi sih, semuanya bervariasi tergantung daripada spesialisasi dan pengalaman yang di miliki. Kita ambil contoh kecil, seperti di Amerika Serikat. Gaji rata-rata epidemiolog dan spesialis kesehatan masyarakat sekitar $60.000 sampai $100.000 / tahunnya.

Jurusan Akuntansi dan Keuangan

Namanya keuangan atau finance, sudah pasti akan terus berkembang. Dari sini saja sudah terlihat jelas, bahwa kebutuhan terhadap manajemen keuangan terus meningkat. Hal ini di perlukan demi bisa menganalisis data keuangan kompleks dan mengelola risiko yang amat efektif. Nah, lulusan di bidang ini yang amat di cari adalah analisis keuangan, akuntan, auditor, serta spesialis manajemen risiko. Nantinya, mereka dapat memiliki peran penting di dalam membantu organisasi pengoptimalan pengeluaran, meningkatkan keuntungan, sampai mematuhi peraturan keuangan. Peluang karirnya seperti apa si ? 

Jawab : Untuk jurusan ini, memiliki jenjang karir yang luas ! Bisa saja masuk bidang perbankan, konsultasi, perusahaan multinasional, hingga lembaga pemerintah. Menurut data yang beredar, gaji untuk rata-rata analisis keuangan dan akuntan sekitaran menengah sampai tinggi. Semua balik lagi pada tingkat pengalaman, lokasi, sampai dengan sektor industri. Contoh kecilnya lagi dan lagi di Amerika Serikat. Rata-rata gajinya bagi analisis keuangan adalah $60.000 sampai $85.000 / tahun. Sementar akuntan yang berpengalaman, bisa memperoleh lebih dari $70.000 / tahun.

 

Bagaimana ? Tertarik untuk masuk jurusan tersebut ? Jika tidak, kamu masih bisa kok untuk mengambil jurusan lainnya dengan prospek pekerjaan terbaik kedepannya. Seperti :

  • Jurusan Teknik Elektro dan Mekatronika ( Electrical Engineering & Mechatronics Engineering )

  • Jurusan Manajemen Bisnis

  • Jurusan Pendidikan

  • Jurusan Psikologi

  • Jurusan Pertanian Berkelanjutan ( Sustainable Agriculture )

  • Jurusan Teknik Sipil ( Civil Engineering ) and Teknik Lingkungan ( Environmental Engineering )

  • Jurusan Data Science

Unidha Sejak berdiri pada tahun 2019, Akademi Komunitas Assunniyyah (AKAS) Kencong Jember berusaha menjadi salah satu kampus terbaik yang bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitarnya.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube