header-int

Calon Mahasiswa Wajib Tahu ! Inilah Bedanya Fakultas, Jurusan dan Prodi

Jumat, 12 Jul 2024, 19:53:12 WIB - 319 View
Share
Calon Mahasiswa Wajib Tahu ! Inilah Bedanya Fakultas, Jurusan dan Prodi

Namanya juga baru lulus SMA dan baru ingin melakukan pendaftaran kuliah. Pasti di antara kalian, masih ada yang bingung ketika menemukan istilah asing seperti fakultas, jurusan dan prodi. Nah, beberapa istilah tersebut, sudah pasti selalu muncul dalam dunia perkuliahan. Bagaimana ? Apa kamu sudah tak asing dengan istilah-istilah tersebut ? Yuk, kini langsung saja mulai memahaminya berdasarkan penjelasan berikut.

Pemahaman Dasar : Fakultas, Jurusan dan Prodi

Sebelum masuk dalam penjelasan utama dari ketiga istilah berikut, kamu harus kenal lebih dahulu apa itu universitas. Jadi, Universitas menjadi sebuah lembaga pendidikan pada tingkat perguruan tinggi yang mampu mengakomodir banyak fakultas, jurusan, juga prodi. Universitas memang dikenal sebagai jenis perguruan tinggi yang sudah terdiri dari sejumlah fakultas dan jurusan. Yang mana berhasil menyelenggarakan pendidikan akademik ( fokus di pengembangan ilmu ) , pendidikan vokasi ( keahlian bidang terapan ), pendidikan profesi ( gelar keahlian khusus ) dalam banyak ilmu pengetahuan, teknologi, maupun seni.

Universitas mampu menyelenggarakan pendidikan dalam banyak rumpun ilmu, alias tanpa memiliki batasan. Contohnya : rumpun ilmu humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, ilmu agama dan lain sebagainya. Jadi, bisa dikatakan bahwa universitas ini masuk ke dalam jenis perguruan tinggi dengan adanya rumpun ilmu paling luas. Terkait jenis-jenisnya, ada : Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi. Agar lebih jelas, berikut ada sedikit pembahasan yang bisa kamu ketahui : 

1. FAKULTAS

Menurut KBBI, Fakultas menjadi bagian dari perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang mana terdiri dari banyak jurusan. Jika kamu ingin tahu pengertian jelasnya, maka singkatnya fakultas ini ada di bawah suatu perguruan tinggi. Dan itu telah menjadi kumpulan dari banyaknya jurusan dengan bidang studi ilmu yang sama. Sebagai contoh : ada Universitas Indonesia, di dalamnya memiliki beberapa fakultas & salah satunya adalah Ekonomi dan Bisnis ( FEB ). Hal ini menandakan, bahwa jurusan yang terkait dengan studi ekonomi juga bisnis di UI sudah terkumpul jadi satu dalam FEB. Ketika kamu ingin menjadi seorang mahasiswa Manajemen di UNI, otomatis sudah masuk dalam bagian FEB.

2. JURUSAN

Selanjutnya adalah jurusan ! Setelah kamu mengetahui apa itu fakultas, maka istilah selanjutnya ada pada bagian jurusan yang semestinya dipahami oleh calon mahasiswa baru. Menurut KBBI, Jurusan menjadi bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yang memang bertanggung jawab untuk mengelola serta mengembangkan suatu bidang studi.

 

Jurusan fakultas, sudah berfokuskan pada hal-hal disiplin ilmu tertentu layaknya sejarh, akuntansi, manajemen dan lain sebagainya. Harus diketahui, walau itu masih masuk dalam rumpun yang sama, mahasiswa dari jurusan berbeda akan mempelajari hal berbeda juga. Contoh : akuntansi dan manajemen, masuk ke dalam bagian dari FEB. Mahasiswa dari kedua jurusan tersebut, akan mempelajari adanya 2 hal yang berbeda juga. Mata kuliahnya pun, telah disesuaikan daripada jurusan masing-masing.

3. PRODI

Terakhir adalah Prodi atau Program Studi ! Ini menjadi bagian dari sebuah jurusan dalam fakultas di setiap universitas. Nah, jurusan fakultas bisa terdiri dari beberapa prodi yang mana mempunyai fokus ilmu sama. Contohnya ada di Jurusan Sejarah, ilmu ini mempunyai dua Prodi atau Program Studi di Ilmu dan Pendidikan Sejarah. Perbedaan dari jurusan dan prodi hanya ada di tujuan perkuliahannya saja. Ketika sedang melakukan pendaftaran, biasanya program studi ini telah di pilih oleh calon mahasiswa baru. Perguruan tinggi akan langsung memberikan pilihan yang spesifik bagi para pendaftar yang memang sesuai akan minat tersendiri.

Unidha Sejak berdiri pada tahun 2019, Akademi Komunitas Assunniyyah (AKAS) Kencong Jember berusaha menjadi salah satu kampus terbaik yang bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitarnya.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube