header-int

Apa Sih, Perbedaan Studi di Luar Negeri dengan di Indonesia ?

Selasa, 30 Jul 2024, 21:48:24 WIB - 212 View
Share
Apa Sih, Perbedaan Studi di Luar Negeri dengan di Indonesia ?

Sesuai apa kata pepatah, “ Kejarlah / Tuntutlah ilmu, sampai ke negeri China “. Dalam artian, baik itu perempuan atau laki-laki, bisa mengejar ilmu di manapun tanpa ada batasannya. Di Indonesia sendiri, sebenarnya ada banyak sekali pilihan kampus atau universitas yang dapat dipilih. Begitupun dengan negara lain, mereka juga memiliki reputasi sampai sistem pendidikan yang bagus bagi tiap-tiap universitasnya. 

 

Walau begitu, perbedaan keadaan dari keseluruhan universitas di Indonesia dengan di luar negeri tentu saja ada. Yuk, langsung lihat, apa saja sih perbedaan yang ada di antara keduanya ?

Melihat dari Segi Sistem Pendidikan

Di Indonesia, sistem pendidikannya bisa diakui lebih masuk ke arah teori dan analisis. Tak hanya di dunia perkuliahan saja, tapi pendidikan dini juga condong ke arah CALISTUNG : Membaca - Menulis - Menghitung. Hal inilah, yang mampu membuat siswa Indonesia sangat pintar di dalam menyelesaikan sebuah kasus dengan detail, terperinci dan cepat.

Lalu, sistem pendidikan universitas di luar negeri lebih condong ke praktik dan beberapa metode lainnya. Mereka sangat senang mendorong para murid-muridnya, untuk bisa belajar dengan memakai cara eksplorasi dan interaksi satu sama lain. Terbiasa sudah, semua murid di sana sejatinya belajar memakai sistem praktik. Jadi, wajar saja jika banyak sudah inovasi dan penemuan yang dihasilkan dari luar negeri.

 

Walau begitu, perbedaan sistem pendidikan di antara kampus Indonesia dengan luar negeri. Sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Intinya, yang terpenting ada di siswanya sendiri ! Bagaimana ia bisa mengambil inisiatif di dalam belajar, ya.

Ketersediaan Jurusan

Bukan hanya sistem pendidikan, tapi ketersediaan jurusan juga berbeda satu sama lain. Mulai dari akuntansi sampai dengan animasi, bisa kamu temukan di beberapa Universitas di Indonesia. Tapi, kita harus mengakui bahwa ada beberapa jurusan yang memang tak tersedia di Indonesia. Contohnya saja seperti : 

  • Manajemen Teknologi Baking

  • Horologi

  • Pembuatan & Destilasi Bir

  • Psikologi Kuda & Ilmu Pengetahuan Olahraga

  • Dan lain sebagainya

 

Jadi, jika kamu memang memiliki minat pada jurusan-jurusan yang tak ada di Indonesia. Maka, mulailah dari sekarang untuk mencari jurusan tersebut di beberapa universitas luar negeri. Tidak lupa, itu semua disertai oleh pembelajaran bekal belajar berbahasa Inggris juga ya ( secara umum ).

Inisiatif dalam Hal Part Time dan Magang

Sebenarnya program magang atau part time, sama-sama dilakukan oleh mahasiswa Indonesia maupun luar negeri. Lantas, apa yang menjadi pembedanya ? Menurut riset yang ada di internet, kurang lebih 65% mahasiswa Indonesia mengikuti program ini. Hanya saja, program magang atau part time yang dijalani, dituntut langsung oleh pihak kampus saja. Alias, bukan inisiatif dari si mahasiswa itu sendiri.

Sedangkan mahasiswa luar, sangat sering menunggu program magang dan sisanya lebih banyak berinisiatif untuk mengambil pekerjaan tersebut. Asalkan, program ini masih sesuai atas peraturan negaranya masing-masing. Tentu saja itu semua demi bisa menjadi solusi alternatif, untuk menutup biaya studi maupun biaya hidup yang relatif mahal. Selain daripada itu, mereka dengan giat berusaha keras untuk memperoleh Post-Study Work Visa ! Tentu saja guna memperoleh pekerjaan dan tinggal di negara tempat mereka menuntut ilmu.

Koneksi Hingga Kesempatan Karir Amat Luas

Bagi kamu yang baru saja menginjakkan kaki di luar negeri untuk menuntut ilmu, sudah pasti keadaan cemas dan campur aduk sudah ada. Tenang, itu wajar kok !  Karena, kamu akan tinggal di lingkungan baru dan bertemu dengan orang-orang baru juga. Tapi, ini sudah bisa menjadi poin plus buat kamu lho. Interaksi dengan orang lain, terutama dari berbagai negara dan latar belakang berbeda-beda. Mampu memberikan sudut pandang dan ilmu yang kamu dapatkan ketika berada di ruang kelas. Dari sini bisa terlihat sudah, jenjang koneksi internasional sampai dengan karir juga amat luas.

Keterampilan Bahasa Asing Sangat Luas

Di Indonesia, ada banyak sekali sekolah dan universitas Internasional. Kamu bisa melihat adanya jurusan serta kursus bahasa asing, yang mana harganya relatif terjangkau. Adapun, yang memang harganya sangat mahal ! Dari berbagai fasilitas yang tersedia, mahasiswa Indonesia bisa dengan mudah mempelajari bahasa asing yang diinginkan. Semakin banyaknya bahasa yang dapat kamu kuasai, maka akan mampu membawa nilai plus pada diri kalian sendiri !

Sedangkan ketika kamu berada di luar negeri, pembelajaran yang diterima bukan hanya dari dalam ruang kelas saja. Melainkan, itu semua bisa berdasarkan rutinitas keseharian di negara tersebut. Terlebih lagi, kamu banyak teman yang dapat membantu proses belajar berbahasa asing juga. Jadinya, lingkungan pertemanan antar negara semakin luas.

Unidha Sejak berdiri pada tahun 2019, Akademi Komunitas Assunniyyah (AKAS) Kencong Jember berusaha menjadi salah satu kampus terbaik yang bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitarnya.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube