header-int

424 Peserta Ikut Seleksi Masuk Universitas Tribuana Kalabahi, Alor

Kamis, 09 Mar 2023, 17:46:06 WIB - 151 View
Share
424 Peserta Ikut Seleksi Masuk Universitas Tribuana Kalabahi, Alor

Sebanyak 424 peserta Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi, Kabupaten Alor menggelar ujian seleksi masuk perguruan tinggi tahun akademik 2023-2024. Peserta tersebut merupakan gabungan peserta dari gelombang pertama dan gelombang kedua.

Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru Untrib Kalabahi, Jon Idrison Molina, M.Kom., kepada Pos-Kupang menyampaikan bahwa PGSD merupakan jurusan dengan jumlah peserta ujian terbanyak.

"Total peserta yang ada sebanyak 424. Sebanyak 161 orang mendaftar ke Jurusan PGSD, jurusan Bahasa Inggris 13 orang, Pendidikan Teologi 25 orang, Teknik Informatika 80 orang, Kimia 11 orang, Matematika 8 orang, Perikanan 8 orang, Teknologi Hasil Pertanian 17 orang, Agribisnis 14 orang, Ilmu Hukum 24 orang dan Manajemen 63 orang," ujar Jon, Selasa 27 Juni 2023.

Lebih lanjut Jon menyampaikan bahwa pendaftaran gelombang ketiga dibuka sejak tanggal 27 Juni - 7 Agustus 2023. Selain itu Untrib Kalabahi memiliki 11 Program Studi (Prodi) yang telah terakreditasi.

"Prodi yang telah terakreditasi B antara lain Kimia, Matematika, Teknik Informatika, Agribisnis, Teknologi Hasil Pertanian, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Manajemen serta Ilmu Hukum. Sementara akreditasi A ada Pendidikan Teologi dan Perikanan," jelas Jon.

Untuk mempermudah mahasiswa, Untrib Kalabahi membuka kelas sore untuk Prodi Manajemen, Ilmu Hukum, dan Agribisnis dengan kuota minimal 10 orang per kelas.

"Selain itu ada juga Prodi yang memberlakukan gratis biaya pendaftaran,  dengan batasan kuota yaitu Prodi Agribisnis gratis untuk 20 orang pendaftar pertama, Prodi Perikanan gratis untuk 10 orang pendaftar pertama, Prodi Teknologi hasil pertanian untuk 25 orang pendaftar pertama, Prodi Matematika gratis untuk 20 orang pendaftar pertama dan Prodi Kimia gratis biaya pendaftaran untuk semua pendaftar," terang Jon.

Untrib Kalabahi juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, dari kalangan kurang mampu.

"Ada beasiswa KIP Kuliah Merdeka dari Kemendikbud Ristek, bantuan biaya tugas akhir dari Pemerintah Provinsi NTT, bantuan Diakonia dari Gereja GMIT Pola Tribuana Kalabahi dan beasiswa dari lembaga lain yang tidak mengikat," kata Jon.

Jon berharap, semua putra putri daerah, dan juga dari luar Alor yang punya keinginan untuk belajar di perguruan tinggi dapat mendaftarkan diri di Universitas Tribuana Kalabahi. 

Yohanis Bili Lupuituku salah seorang peserta seleksi menuturkan bahwa jumlah soal yang diujikan sebanyak 60 nomor.

"Jumlah soal yang diujikan sebanyak 60 nomor terdiri dari Bidang IPA, Bidang IPS, dan Campuran IPA dan IPS. Saya memilih mengikuti seleksi di Untrib karena memiliki jurusan yang sudah terakreditasi dan diakui secara nasional. Saya berharap saya dapat melewati seleksi ini dengan baik dan diterima menjadi mahasiswa di Untrib Kalabahi," pungkasnya.

Pendaftaran Untrib Kalabahi dilakukan secara offline di Kampus Untrib Kalabahi, Batunirwala, Kelurahan Welai Timur, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor. Persyaratan dan Pendaftaran online dapat mengakses link : pmb.untribkalabahi.ac.id.

Unidha Sejak berdiri pada tahun 2019, Akademi Komunitas Assunniyyah (AKAS) Kencong Jember berusaha menjadi salah satu kampus terbaik yang bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitarnya.
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube